Teori Atom Menurut Dalton

Teori Atom Menurut Dalton | Dalam konsep kimia awal yang di ajarkan di buku-buku SMA, kita kan di perkenalkan terlebih dahulu tentag konsep atom dan juga teori-teori atom yang telah dikemukakan oleh beberapa ilmuawan. Salah satu ilmuwan tersebut adalah John Dalton yang mengenukakan teorinya tentang Atom, simak pembahasannya berikut ini:

Teori Atom Menurut Dalton

1. Teori Atom Dalton

John Dalton
John Dalton pada tahun 1803 merumuskan teori atom yang didasari oleh pemikiran bahwa konsep atom dari Democritus sesuai dengan Hukum Kekekalan Massa (massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama) dan Hukum Perbandingan Tetap (perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap dan tertentu) yaitu sebagai berikut:

a. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang kemudian disebut dengan ATOM.
b. Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (maksud dari identik adalah sama dan sejenis).
c. Atom dari suatu unsur tidak akan dapat diubah menjadi atom unsur lain.
d. Lalau yang keempat, senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih dengan perbandingannya adalah tetap dan tertentu.
e. Pada reaksi kimia terjadi tataulang atom-atom yang bereaksi. Reaksi kimia ini dapat terjadi karena pemisahan atom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung kembali membentuk senyawa baru.

Teori atom dalton

Materi tersusun
atas partikel-partikel terkecil
yang disebut atom.


Namun, tentu saja karena ini masih bersifat teori maka kemungkinan akan ada ilmuwan lain yang akan mrumuskan teori yang mungkin berbeda dengan Dalton. Dalam perkembangannya tidak semua teori atom Dalton benar, karena kemudian  tahun 1897 salah seorang ilmuwan yaitu J.J.Thomson kemudian menemukan partikel bermuatan listrik negatif yang  disebut dengan elektron.

Semoga artikel yang ditulis oleh ID Kimia ini dapat bermanfaat buat anda khususnya dalam bidang KIMIA.

Comments
0 Comments

0 Response to "Teori Atom Menurut Dalton"

Posting Komentar

Silahkan bertanya tentang materi kimia dan rumus kimia